Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Kisah diantara ke Tiga ini, siapa yang berhasil lolos Uji setelah diberi ujian Kenikmatan !!

ad+1

Kisah Si Belang, Si Botak, & Si Buta.


Abu Hurairah ra. telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, :

Ada tiga orang Bani Israil masing-masing menderita penyakit belang, botak, dan buta. Kemudian Allah menguji mereka dengan mengutus malaikat. Malaikat.

Malaikat yang datang kepada si Belang bertanya, "Apakah yang paling ku inginkan ?"
Jawab si Belang, "Aku ingin agar kulitku bagus dan wajahku lo sehingga orang tak lagi muak melihatku."

Malaikat tersebut lalu mengusap kulit si Belang sehingga akhirnya lenyaplah penyakit yang menjijikkan. Kini ia memiliki kulit yang bagus dan wajah yang elok.

Malaikat lalu bertanya lagi, "Sekarang, harta apakah yang kau inginkan?" Jawabnya, "Unta."-Ada yang mengataan sapi-. Si Belang lalu diberi unta yang sedang bunting sepuluh bulan. Malaikat berkata, "Semoga Allah memberkahi atas Rahmat yang telah kau terima."

Malaikat lalu mendatangi si Botak dan bertanya. "Apakah yang paling kau dambakan?"
Si Botak menjawab. " Aku ingin agar kebotakanku sembuh dan memiliki rambut yang bagus sehingga orang tak lagi muak melihatku."

Malaikat mengusap kepala orang itu dan seketika itu pula rambutnya tumbuh menjadi rapi. Malaikat bertanya, "Apakah lagi yang ingin kau inginkan?" Si Botak menjawab, "Aku ingin memilii sapi." Malaikat lalu memberinya seekor sapi yng sedang bunting . "Semoga Allah memberkati rahmat yang telah diberikan kepadamu."

Malaikat itu kemudian menemui si Buta, "Apakah yang sangat kau dambakan ?".
Jawab si Buta. "Aku ingin Allah mengembalikan penglihatanku, sehingga aku dapat melihat kembali".

Malaikat mengusapnya dan seketika itu pula matanya bis melihat. Malaikat bertanya " Harta apakah yang kau inginkan ?" Ia menjawab "kambing". Ia lalu diberi ambing yang sedang bunting.

Selang beberapa tahun kemudian , unta, sapi, dan kambing mereka berembang biak yang akhirnya memenuhi tanah lapang. Malaikat datang kepada si Belang yang menyamar sebagai orang yang tubuhnya berpenyakit belang.
Malaikat berkata, "Aku ini orang miskin, kehabisan bekal di tengah perjalanan. Hingga hari ini tidak ada yang sudi menolongku. Aku benar-benar mebutuhkan bantuanmu dengan menyebut yang telah memberimu paras cantik dan kulit yang halus serta kekayaan ini. Aku minta seekor unta saja untamu sebagai bekal melanjutkan perjalanan."
SI Belang Menjawab, "Masih banyak hak-hak yang harus kuberikan kepada orang lain, karena itu aku tidak bisa membekalimu apa-apa."
Malaikat itu berkata, "Rasanya aku pernah mengenalmu. Bukankah kau dahulu orang yang menjijikkan. Bukankah kamu dahulu miskin kemudian Allah memberi rahmat kepadamu ?"
Si Belang tersinggung , "Harta kekayaanku ini dari nenek moyangku!"
Malaikat lalu berkata, "Jika kamu berdusta, semoga Allah mengembalikan keadaanmu seperti semula !."

Selanjutnya Malaikat itu menemui si Botak. Ternyata sikap si Botak juga sama dengan sikap si Belang. Karena itu Malaikat lalu berkata, "Jika kamu berdusta, semoga Allah mengembalikan keadaanmu seperti semula !."

Malaikat kemudian menemui si Buta dengan menyamar jadi orang buta. "Aku ini orang miskin yang kehabisan bekal dalam perjalanan. Sampai hari ini tak seorang pun sudi menolongku, kecuali hanya Allah. Aku berharap semoga kau mau menolongku. Aku benar-benar membutuhanmu dengan menyebut Dzat yang telah mengembalikan penglihatanmu. Aku minta seekor kambing untuk bekal melanjutkan perjalanan."
Si Buta menyambutnya , "Aku dahulu orang buta, kemudian Allah mengembalikkan penglihatanku. Karenanya, ambilah apa yang kau inginkan dan tinggalkanlah apa yang tidak kau senangi. Demi Allah, sekarang aku tidak akan memberatkan sesuatu kepadamu yang kamu ambil karena Allah Yang Maha Agung."
Malaikat itu berkata, "Peliharalah harta kekayaanmu, sebenarnya kamu hanya diuji dan Allah benar-benar ridha kepadamu dan Dia telah memurkai kedua temanmu -Si Belang dan si Botak-."

HR.Bukhari dan Muslim.



0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com