Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Si Asep Putus Cinta Dengan Rokok

ad+1

15 Tahun Lebih Si Asep Menjalani Hubungan Percintaan Dengan Rokok.
Tapi Sayang Berakhir Dengan Perpisahan.


Si Asep kenal rokok sejak dibangku sekolah smp, maklum saat itu karena pergaulan, biar gaul katanya. Klo engga ikut merokok yang ada disindir-sindir dibilang bukan laki. Akibatnya Asep yang baru smp itu mengenal dengan rokok tanpa PDKT dahulu, langsung tembak saja menyatakan cinta sama Rokok.

Memang si Asep belum berani merokok dirumahnya sendiri, soalnya takut ketauan ma ema bapaknya, belum lagi takut sama kakanya. Dia beraninya kalau lagi kumpul-kumpul ma teman-temannya, terus kalau mau pulang kerumah beli permen karet buat ngilangin bau asap rokok dimulutnya.

Singkat cerita si Asep menjadi kecanduan berat jatuh cinta sama rokok, setiap hari saat dia memasuki sma bisa satu bungkus lebih, apalagi semenjak orang tua dan kakanya sudah mengetahui dan sering memergoki Asep merokok. Disitu dia merasa sudah mendapat SIM ( Surat Ijin Merokok ).

Semakin hari semakin banyak merokoknya, apalagi semenjak si Asep duduk dibangku kuliah, bisa lebih dua bungkus perharinya, segala macam merk rokok pernah dia hisap. Dia pun akhirnya mendapat predikat perokok berat sekali dimata temannya, dari semenjak bangun dari tidur, sampai menjelang mau tidur, rokok dengan setia menemaninya. Apalagi ketika dia sudah bekerja, semakin-makin kecanduanlah dia, perhari bahkan bisa 3 bungkus.

Sampai suatu hari Asep menikah, lalu memiliki dua orang anak, yang satu perempuan, yang satu laki-laki. Disitulah mulai terbesit dalam hati Asep untuk mencoba berhenti merokok/putus cinta dengannya, alasannya suma satu, Asep tidak mau nanti anaknya yang laki-laki mengikuti jejaknya yang perokok berat. 

Asep mulai mencari-cari referensi dari internet dan buku, tentang bagaimana bisa putus cinta dari rokok, semua referensi telah dicoba, namun sayang berakhir dengan kegagalan. Bahkan pernah mengalami sakit demam tinggi, badan jadi mudah sensitif, mulut asam dan pusing yang ga kepalang sakitnya, karena mencoba referensi diminta langsung berhenti hari itu juga.

Belajar dari pengalaman, akhirnya si Asep meramu sendiri bagaimana cara putus cinta dari rokok, dan berakhir dengan kesuksesan. 15 Tahun lebih dia bercinta dengan rokok, akhirnya bisa putus cintanya dengan rokok yang selama itu disayangi.

Berikut ramuan pengalaman si Asep bisa putus cinta/berhenti dari rokok :

Pertama adalah Niat Putus Cinta/Berhenti Dari Rokok karena takut nanti anaknya mencontohnya, itu niat si Asep. Kalau ada yang berminat berhenti seperti Asep silahkan meniatkan masing-masing karena apa, karena segala apapun yang dilakukan tanpa diawali dengan niat, tidak akan mendapat apapun dari apa yang di niatkan. 

Kedua adalah Membuat Perencanaan, yaa perencanaan yang matang sesuai dengan kesanggupan masing-masing. Kalau Asep membuat perencanaan dengan mentargetkan mengurangi setiap hari perbulannya, seperti berikut perencanaannya :

1. Dia mempunyai kebiasaan merokok 3 bungkus perharinya, dia akan mengurangi 2 bungkus perharinya selama 1 bulan.
2. Bulan berikutnya dia akan mengurangi lagi menjadi 1 bungkus perharinya selama 1 bulan.
3. Bulan berikutnya dia akan mengurangi lagi menjadi setengah bungkus perharinya selama 1 bulan.
4. Bulan berikutnya dia akan mengurangi lagi menjadi 5 batang setiap harinya selama 1 bulan.
5. Bulan berikutnya dia akan mengurangi lagi menjadi setiap habis makan saja merokoknya setiap hari selama 1 bulan.
6. Bulan berikutnya dia akan mencoba menjadi satu sampai dua batang saja perharinya, selama 1 bulan.
7. Dan bulan salanjutnya dia akan mulai mencoba berhenti total dari rokok.

itulah perencanaanya si Asep.

Ketiga adalah Pelaksanaan dan Komitmen, karena apa yang sudah direncanakan harus dilaksanakan dengan penuh komitmen, soalnya tanpa komitmen semua akan sia-sia.

Keempat adalah evaluasi, karena melakukan evaluasi dari setiap pelaksanaan itu perlu dilakukan, agar bisa melihat sudah sejauh mana pelaksanaan komitmen yang sudah direncanakan. Apabila ada yang tidak sesuai dengan perencanaan, segera lakukan perbaikan, demi tujuan yang ingin dicapai dengan berhasil. 

Begitulah kurang lebihnya bagaimana si Asep berhasil putus cinta dengan rokok, semoga yang ada niat mau berhenti merokok, bisa mengikuti ramuan ala Asep untuk dilaksanakan dengan berhasil lepas dari rokok yang selama 15 tahun dicintainya. 

Terimakasih, semoga bermanfaat.









0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com