Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Mengendap Sejenak

ad+1

Mengendap Sejenak Agar Airnya Bisa Dapat di Pakai
Sesudah Lumpurnya Turun dan Tertimbun di Dasar.




Mengendap Sejenak merupakan simbol manusia lemah, dimana kita sebagai manusia yang lemah perlu melakukan intropeksi diri dan mawas diri terhadap apa yang kita lakukan selama kita hidup, baik waktu ini, waktu yang lalu, dan waktu yang akan datang. 

Agar Airnya Bisa Dapat di Pakai merupakan simbol air untuk membersihkan dan mensucikan, dimana air sebagai pembersih jiwa raga dan segala kotoran yang berasal dari Sang Pencipta Yang Maha Suci, dimana semoga kita yang diberi akal dibanding makhluk ciptaan yang lain, agar selalu bisa berpikir mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian yang kita lewati dan akan dilewati , baik waktu ini, waktu yang lalu, dan waktu yang akan datang. 

Sesudah Lumpurnya Turun dan Tertimbun Di Dasar merupakan simbol lumpur yang kotor, dimana manusia itu memiliki sifat kotor yang tidak bisa di hilangkan seperti nafsu dalam diri, segala bentuk keinginan ma'siyat, dan segala sifat tercela seperti diantaranya riya, ujub, takabbur. Hal itu tidak bisa dihilangkan, karena manusia dilahirkan selain diberi akal juga diberi nafsu dalam diri dan godaan yang tiada akan ada hentinya, yaitu dari yang tidak mau sujud ke Nabi Adam as, siapa lagi kalau bukan Iblis dan pasukannya. Nafsu dan godaan tidak akan bisa dihilangkan, tapi sebisa mungkin dikendalikan, diturunkan ketika sedang naik, dan di endapkan agar tertimbun didasar hati, karena kalau tidak lumpur kotoran yang tadi sudah dijelaskan akan terus memperkeruh keadaan, dimanapun dan kapanpun tempat dan kondisinya. 

Jadi yang lebih penting lagi diantara semuanya adalah kita sebagai makhluk ciptaanNya yang amat sangat lemah ini, untuk banyak-banyaklah memohon perlindungan dan ampunan kepada Sang Pencipta. Kita hanya bisa berharap semoga Sang Pencipta memberikan perlindungan dan petunjukNya ke jalan yang diridhoiNya, semoga diberikan rahmatNya, dan semoga diberikan ampunanNya. Amin Ya Rabb.

Tidak ada daya dan kekuatan melainkan hanya karena pertolonganNya.


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com