Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Permainan Tradisional Yang Di Teliti Oleh Peneliti

ad+1

Kelebihan Permainan Tradisional.



Bebeletokan adalah mainan yang menghasilkan suara tok yang dihasilkan dari bilah bambu kecil yang disumbat dan ditekan dari atas. Bebeletokan dimainkan  tidak mengenal musim tetapi lebih dominan ketika kemarau tiba. Dibuat dari bambu, dengan batang kecilnya bagian ranting tetapi dipakai yang sudah tua dan kuat. Pembuatannya yaitu mula-mula mencari beberapa ranting bambu "awi tali" yang bersifat lentur, yang mempunyai diameter bambu 1-1,5 em  dengan lubang 3-5 mm panjang yang dipakai adalah dari 20-30 em. Bambu tersebut harus lurus agar lebih awet karena tidak mudah patah.  
   

Yang pasti semua terutama yang asalnya dari kampung terutama daerah Jabar memiliki kenangan pada salah satu permainan tradisional ini. Permainan yang sifatnya tidak hanya langsung terima jadi untuk dimainkannya, tapi biasanya di ajarkan dan belajar langsung bagaimana proses pembuatannya sampai bisa sendiri. Sehingga anak-anak saat itu secara tidak langsung di ajarkan bagaimana harus kreatif (daya cipta) dan berinteraksi langsung dengan alam, terutama dalam mencari bahan bambu yang bagus untuk bebeletokannya.

Jenis-jenis permainan tradisional itu masih banyak jenisnya selain bebeletokan, terutama yang mengajarkan bagaimana harus kreatif dulu untuk membuatnya sebelum bisa dimainkan.  Seperti permainan Egrang, 


Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantaiatau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser.

Bahkan permainan tradisional ini dampak manfaatnya selain membuat anak kreatif dan berinteraksi dengan alam, juga ada yang lain yang pernah diteliti oleh seorang peneliti.  Dalam sebuah artikel yang bersumber dari http://serambiminang.com/2015/09/6788.html/ .

Seorang mahasiswa pasca sarjana, Iswinarti saat ujian terbuka program doktor Fakultas Psikologi UGM, di Auditorium Fakultas Psikologi UGM mengungkapkan, permainan tradisional yang , berupa game punya nilai manfaat terhadap perkembangan fisik-motorik, intelektual, sosial ekonomi, emosional dan kepribadian anak. Sebab, jenis permainan itu mempunyai nilai-nilai sosial dan psikologis yang tinggi, meski pun ada beberapa kendala yang akan dialami dalam menerapkan kembali permainan ini pada anak.

“Tidak adanya pewarisan, tidak adanya lahan, dan anak lebih tertarik permainan lain yang lebih modern,” kata Iswinarti yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Malang ini.
Dalam penelitiannya, Iswinarti menyimpulkan, metode Bermain, ExpeRiential, Learning, Anak (Berlian) berfungsi membantu anak menemukan makna dari pengalaman ketika mereka bermain permainan tradisional.
Salah satu hasil penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak SD di Malang, lanjutnya seperti dilansir laman resmi UGM. menunjukkan bahwa anak-anak yang memainkan permainan tradisional dengan metode tersebut cenderung mengalami peningkatan kompetensi sosial dibandingkan anak-anak yang bermain permainan tradisional tapi tidak disertai dengan metode yang sama.
Begitulah manfaat yang bisa diambil dari permainan tradisional, yang sekarang ini sudah mengalami pergeseran oleh kemajuan teknologi. Dimana sebagai banyak orang tua, sudah tidak bisa menafikan lagi, anak-anak jaman sekarang terutama daerah kota sudah terbiasa dengan permainan di tablet, smartphone, Ps , dan sejenisnya. Tentunya dengan plus minusnya kemajuan teknologi yang mau tidak mau harus dihadapi. 
Semoga saja meskipun mengalami pergeseran oleh kemajuan teknologi, tapi tidak hilang sama sekali. Seperti contoh masih banyak daerah maupun dikota dan didesa setiap moment 17 agustusan atau acara-acara perlombaan lainnya, masih banyak yang memperlombakan permainan-permainan tradisional ini.




0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com