Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Game Android Karya Ilmuwan Cifor Bogor Tentang Lingkungan Hidup "Landscape Game"

ad+1

Game bertema pelestarian lingkungan hidup karya anak negeri (foto: Agate).

Amril Amarullah (Jurnalis).

Organisasi penelitian kehutanan yang berpusat di Bogor ini meluncurkan sebuah game tentang lingkungan hidup berjudul Landscape Game, yang menantang pemain untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

Landscape Game yang diciptakan oleh Herry Purnomo, seorang ilmuwan dari Center for International Forestry Research (CIFOR), asal Kota Bogor, berkolaborasi dengan Agate Studio dari Bandung. Game yang dibuat pada tahun 2008 ini awalnya berbentuk board game, atau game fisik yang menggunakan papan permainan dan aksesoris seperti bidak pemain dan uang mainan seperti Monopoli.

“Game ini dibuat sebagai pembelajaran bagi siapapun yang ingin mengelola sumber daya alam secara baik,” ujar Herry Purnomo dalam keterangan kepada Okezone, Kamis (4/12/2014).

Herry menambahkan, Landscape Game ini menantang pemainnya untuk menyeimbangkan kegiatan pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan, sekaligus menunjukkan berbagai cara yang secara riil dapat kita lakukan jika ingin mendapat keuntungan finansial yang besar dengan tetap menjaga lingkungan hidup.

Pemenang permainan tidak hanya ditentukan berdasarkan total asset dan keuntungan finansial, tapi juga berdasarkan kontribusi terhadap pengurangan emisi karbon, keanekaragaman hayati, dan penyediaan pangan dari investasi yang dimiliki permain yang bersangkutan.


Penuh Tantangan

Contoh problem yang akan dihadapi pemain dalam Landscape Game misalnya, pemain harus memilih antara menebang pohon untuk keuntungan besar jangka pendek tapi berdampak buruk terhadap lingkungan atau membuat wisma ramah lingkungan (eco-resort) dengan ROI (returm of investment) yang lebih lama namun tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Pemain yang mengabaikan faktor pelestarian lingkungan akan mendapat kerugian yang besar jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Satu lagi yang unik dari Landscape Game adalah adanya pemain yang bertindak sebagai Pemerintah, yang berperan memberi subsidi, insentif, mengatur pajak dan berbagai regulasi untuk menjaga keseimbangan antara konservasi dan pengembangan.

Pemain lain bisa melakukan negosiasi dengan Pemerintah misalnya untuk membuat regulasi yang mendukung suatu sektor bisnis tertentu. Intervensi Pemerintah dan perhitungan dampak kerusakan lingkungan merupakan sebagian kecil dari fitur yang tersedia dalam Landscape Game ini.

Sistem dalam game ini cukup kompleks karena dibuat berdasarkan kondisi nyata di lapangan, dan dibuat dengan melibatkan berbagai ahli di bidang kehutanan.

Landscape Game sudah bisa dimainkan di device Android atau langsung dimainkan secara online menggunakan web browser, dan dalam waktu dekat akan dirilis di platform iOS dan PC. Game ini menariknya dapat dimainkan bersama keluarga, teman dan lainnya. Selain menghibur, dapat menambah pengetahuan kita tentang pelestarian lingkungan hidup.


Beberapa fitur Landscape game:

-  Game ini bisa dimainkan 1-4 pemain atau 5 pemain dengan salah satu menjadi Pemerintah, dengan waktu permainan berkisar antara 30 menit sampai 2 jam tergantung batas jumlah giliran yang disepakati para pemain.

-  Game ini bisa dimainkan bersama-sama dalam satu device, atau secara online dengan pemain lain yang terhubung dengan internet.

-  Tersedia 4 pilihan bahasa (Indonesia, Inggris, Perancis, dan Spanyol) sehingga kamu bisa bermain bersama orang-orang dari belahan dunia yang berbeda.

-  Terdapat beberapa tema landscape yang bisa dipilih, mulai dari Pulau Jawa, Kongo, sampai Hutan Amazon.

-  Landscape Game cocok dimainkan bersama teman dan keluarga, karena selain menghibur, dapat menambah pengetahuan kita tentang pelestarian lingkungan hidup.

(amr)

Sumber : 

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com