Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Banyol MW : Belajar Filosofi Hidup dari Makhluk Ghaib di Nusantara

ad+1


Dunia ini penuh dengan hal-hal yang mencekam dan berbau amis, eh, mistis :) . Ya, kita akan mempelajari lebih dalam bagaimana Makhluk Ghaib di Nusantara dapat memberikan pelajaran yang berarti untuk kehidupan sehari-hari.

1.Tuyul

Konon katanya, hantu ini bertubuh mungil. Saking mungilnya, ia bisa ditangkap menggunakan botol kecil.

Tapi, apakah tubuh kecilnya menghalanginya berusaha? Nggak! Justru dia terkenal sebagai penghasil pundi-pundi Rupiah yang handal.

Filosofi si Tuyul ini diterapkan oleh para pengusaha muda. Mereka benar-benar memanfaatkan masa mudanya untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Meski rajin berusaha, si Tuyul ini juga patuh pada tuannya. Anggap saja si tuan adalah sosok orangtua. Maka dari itu, kesuksesan jangan sampai membuat situ lupa akan orangtua, yaa :)

2.Kuntilanak


Makhluk yang satu ini terkenal dengan caranya mengekspresikan kegalauan. Susah, senang, sedih, sendiri, semua itu dilalui dengan suka hati.

Nggak percaya? Nih ada bukti transkrip percakapan si Kunti dan burung gagak:

Gagak: “Ti, ngapain lu jam segini masih ngelamun ajah? Nggak ngantuk?!”

Kunti: “Belom, Gak!” jawab si Kunti sambil geleng kepala. Dalam hati ia berkata, Dasar burung gila! Nggak ada pertanyaan lebih bagus apah? Mana ada sejarahnya gw tidur malem hari?!

Gagak: “Trus, lu kenapa? Ada masalah?”

Kunti: “Iya, cowok gebetan gw udah jadian ama si Lastri. Gw barusan ngintip ke kamarnya, dia lagi chatting pake Line,” jawab si Kunti sambil ngeluarin suara ketawa khas.

Nah, ini adalah filosofi hidup si Kunti . Galau boleh, tapi sebentar ajah. Nte harus bisa mup-on dalam berbagai kesulitan hidup yang nte alami. Hadapi semua dengan senyuman. :)

3.Nyi Roro Kidul



Suatu sore, Nyi Roro Kidul hendak kembali ke laut didampingi para pengawal berbadan tegap, perut six-packs, dan membawa pedang. Mereka baru saja selesai berjemur di pinggir pantai.

Saat sang Ratu hendak berjalan menuju tengah lautan, salah seorang pengawal berkata, “Ratu, alangkah baiknya kalau kanjeng Ratu melepas pakaian sebelum masuk ke air.”

Sontak Nyi Roro Kidul menampar pipi sang pengawal lancang dengan kain selendangnya. Tak lama sang Ratu berkata, “Emangnya lu pikir gw apaan telanjang di depan lu? Gw biar begini juga punya harga diri. Emangnya lu pikir gw calon Ratu Kecantikan Sejagat apah? Mereka cuma jadi ratu setahun ajah udah pada buka baju segala.”

Si pengawal nggak menjawab apa-apa, ia hanya bisa tertunduk malu.

Nah, ini adalah filosofi hidup sang Ratu Pantai Selatan. Meski ia menghabiskan banyak waktu di lautan, tapi pakaiannya tetap sopan. :)

4.Jelangkung


Makhluk halus yang satu ini terkenal dengan semboyan, datang tak dijemput, pulang tak diantar.

Inilah filosofi hidup dari makhluk halus yang nggak senang nyusahin siapapun. Meski sebenarnya si Jelangkung berhak minta dianterin pulang karena udah diajak main ama orang-orang yang manggil, tapi ia nggak melakukan itu.

Coba bandingin ama orang-orang zaman sekarang? Pasti apa-apa maunya pamrih. :)

5.Pocong


Nah, makhluk yang satu ini punya filosofi hidup yang bagus. Dari dulu sampe sekarang, bungkusannya nggak pernah berubah, kain putih. Ini tandanya si Pocong konsisten menjalani hidup. Ia selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang ditinggalkan leluhur.

Konsisten itu bagus. Tapi pikiran nggak boleh sempit. Kita harus bisa terbuka dengan segala sesuatu yang positif. Kalo nggak, resikonya bakal kayak si Pocong yang terbelenggu dalam ikatan talinya. :)

Demikian semoga memberi pencerahan dan hiburan.. hehe

Yang Langsung Ngecap Musyrik / Aneh-aneh aja percaya ko ky beginian!! Berarti Kurang Piknik ;)


Referensi dan Gambar :
http://www.kaskus.co.id/thread/565815f114088dd1458b4591/

2 komentar: Leave Your Comments

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com