Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Keluruhan Nurani

ad+1

Keluruhan Nurani Untuk Kebaikan Lingkungan.




Sebuah kesaksian hidup, dimana kita tidak bisa menghilangkan yang namanya perbedaan, tidak bisa kita hapus warna warni yang ada menjadi satu warna saja, tidak akan enak terdengar apabila kita mendengarkan musik dengan satu nada kunci, begitupun bukan hidup namanya kalau kita sendiri, apa-apa sendiri, melakukan sesuatu sendiri.

Semua saling ada keterkaitan, semua saling membutuhkan, semua saling mengisi, semua saling membantu, semua saling berperan, untuk dirajut meski berbeda, meski berwarna, meski seirama. Karena semua itu kita butuhkan sebagai makhluk hidup , makhluk sosial, dan makhluk Sang Pencipta.

Memang kalau tolak ukurnya ke egosian, tentu kita ingin menonjolkan sendiri perbedaan kita, warna kita, nada kita. Bahkan, sampai terjadi perpecahan, peperangan, dan pembunuhan hanya karena mempertahankan ke egoisan masing-masing.

Tapi perjalanan hidup ini akan teramat sangat menyedihkan apabila kita hanya terfokus ke dalam perbedaan kita, warna kita dan nada kita.

Cuma ada satu kata untuk merajut semua itu, yaitu Nurani. Nurani semua insan sama. Nurani hanya bisa menjawab dengan kejernihan. Nurani tidak bisa dipropagandakan, dimanipulasi, dan ditutup-tutupi kejernihannya.

Semua saling terkait, salah satu contoh kecil ketika kita membuang sampah pada tempatnya, akan dengan sendirinya memudahkan para petugas sampah yang membawanya ke mobil sampah, dari mobil sampah dibuang ketempat pembuangan akhir sampah, dari tempat pembuangan akhir sampah, para pengais rijki (pemulung) dengan mudah mengambil botol-botol bekas dan lainnya yang bisa dijual. Dan para pengumpul/pengepul botol dan barang bekas lainnya tidak kesusahan untuk mengumpulkan stok barang bekas yang masih bisa diolah untuk di jual lagi ke pemain besar diatasnya , karena mendapat stok yang cukup dari pencari rijki (pemulung) yang mengambil botol bekas dan lainnya di tempat pembuangan akhir sampah.

Tapi ketika dibalik, kita mempunyai kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya, akan dengan sendirinya secara berkaitan dengan yang lainnya akan menyusahkan dan membuat orang lain kerepotan.

Maka dari itu tidak ada kata lain selain Nurani , dengan Keluruhan Nurani untuk kebaikan lingkungan, maka akan berdampak besar meski yang kita lakukan memulai dari hal yang kecil, apapun itu, apalagi yang  terkait lingkungan dimana kita hidup.





0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com